Sebuah sajak I

Ketika aku berharap semuanya kan menjadi indah
Namun malah menjadi berantakan tak karuan
Ketika aku berharap semuanya kan menjadi berkilauan
Namun semua menjadi gelap gulita
Ketika aku ingin kau bersamaku
Kau menjadi menjauh tiada terkira
Sampai akhirnya ku menemukan sebuah pelabuhan untuk menyudahi pelayaran ini
Pelayaran yang tak kunjung usai
Dengan terpaan badai
Goncangan ombak dasyat
Aku sungguh bersyukur aku dapat menemukan sebuah pelabuhan untukku berlabuh
Namun pelabuhan itu hanya fatamorgana
Aku masih terus berlayar mengarungi samudra ini

Bukan Menggurui

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
Mari awali post kali ini dengan bacaan bismilah karena sesuatu yang di awali dengan baik insya Allah akan berakhir dengan kebaikan pula.

Apa kabar teman-teman semua. Apa kalian sedang baik-baik. Atau sedang sakit? Atau dalam keadaan tidak baik? Mari berdoa bersama semoga yang membaca post ini dihindarkan dari segala marabahaya. Yang sakit disembuhkan dari sakitnya. Amin

Post kali ini gw mau bahas masalah pekerjaan. Pekerjaan, ya pekerjaan. Bicara masalah pekerjaan. Pekerjaan apa yang sedang lo jalani. Mungkin juga lo sedang jadi pengangguran. Atau lo masih sekolah/kuliah. Jika lo sedang bekerja dan lo ngeluh. Kenapa ya kok kerjaan gw gini2 amat gak kaya orang kebanyakan. Nah klo ada yang ngeluh kyak gitu. Gw jadi keinget sebuah cerita. Ceritanya gini kisah sebuah wortel, telur dan kopi. Intinya sih bercerita tentang wortel, telur ama kopi yang di rebus pada sebuah panci. Wortel dimasukan ke panci pertama. Telur pada panci ke dua dan kopi pada panci ke tiga. Setelah direbus, wortel yang mulanya keras jadi lembek. Telur yang mulanya dalemnya lembek jadi keras. Dan kopi kopi melebur didalam air itu membuat air itu beraroma kopi. Jika di ibaratkan lo adalah apa diantara tiga itu dan air adalah masalah yang ada di perkerjaan lo. Intinya cerita itu bilang jangan jadi wortel yang semula-mula keras namun jadi lembek saat menghadapi masalah. Jangan juga jadi telur yang mula-mula lembek jadi keras dan keras trus. Jadilah kopi yang melebur dlam air membuatnya memjadi harum. Bukan air yang mengubah kopi tapi kopilah yang mengubah air itu. Tp wortel dan telur dirubah oleh air. Nah jadi jangan mau di rubah oleh masalah. Intinya gtu deh.

Dan mungkin ada dari elo yang baca lagi pengangguran/yang masih sekolah. Buat lo yang mssih pengangguran lakukanlah perkerjaan apapun sambil perbanyak beribadah kepada tuhamu. Dan jangan malu untuk melakukan pekerjaan yang mungkin di pandang sebelah mata. Lakukanlah dengan sungguh2. Insya Allah itu lebih baik daripada bergantung pada orang tua.

Dimana-mana tempe itu enak ora ngapak ora kepenak.

Sugeng ndalu sedulur ..siki nyong pengin kandah kawit wingi post-post ku sebelume tentang motivasi bae. Mblenger. Siki nyong rep ngapak bae.. Olih mbok!!, walopun blog.e nyong jenenge mandan kebarat-baratan jane kon sangkane gaul kro kon mandan sangar lah. Tp di balik jenengan blogku sing mandan kebarat-baratan apa ke angin-anginen lah mbuh.. Pokoke di balik jenengan blogku sing gaul kue menyimpan makna yang jos. Jenenge strong concerned ngerti ora artine. Kie di simak pada jaman biyen pas taun 1997 lahirlah seorang bocah gagah dari seorang ibu yang cantik jelita dan bapak gagah perkasa. Pas lair bocah kue pertamane urung due jeneng ramane bingung rep di jenengi apa kie bocah. Arep di jenengi arjuna, tapi arjuna bae kalah ke gagahane. Arep di jenengi yusuf. Anu mbok wong2 terlalu terpesona ngko malah di perkosa kya nang cerita nabi2. Nanging pas kue bocah lair ramane lg menghadapi suatu permasalahan hidup. Tp ramane r gelem nyerah deweke trus bae berjuang ra gelem mundur. Trus ramane mandeng bocah gagah kue mau. Trus kemutan tek jenengi Teguh bae kie bocah kon bocaeh teguh dlam menghadapi permasalahan apapun ora mundur nek anu bener tp ngaku salah nek pancen slah trus di imbuih priyatno, priyatno kue di jiot sekang kata priyatin. Ngerti priyatin tegese apa. Priyatin kue menurutku dwek ya kayongen tegese sederhana. Sederhana ora kakeen werna2. Walopun due di irit2 ora boros2. Nah akhire kue bocah gagah di jenengi Teguh Priyatno. Nah trus apa hubungane kro blok kie. Kebetulan bocah gagaeh kie penulis sekaligus owner blog strongconcerned. Nah bloge juga diambil dari nama Teguh sing basa inggrise strong kro priyatin sing basa inggrise concerned. Nah sekian dari asal usul utawa kisah kang nama penulis kro nama bloge. Sekedar nulis nyong lur ora seneng ya usah maca. Nek ko ora maca ya nyong belih ikih ora bakal ngomeih ora. Turnuwun

Sebab-akibat

Saya selau percaya bahwa orang beruntung dan orang sial itu pasti ada penyebabnya. Memang betul teman-teman karena semua yang terjadi di hidup kita itu seperti proses menanam. Jadi hasil yang kita peroleh saat ini adalah apa yang sedang elo petik dari apa yang elo tanam di masa lalu. Ada yang mungkin sedang susah mungkin itu hasil dari perbuatanya di masa lalu. Dan pernah gak sih elo mikir bahwa masalah itu terus ada dikehidupan ini. Dan dari manakah sumber masalah itu? Ya,, darimanakah sumber dari masalah itu. Didunia ini memang banyak hukum-hukum alam dan ada salah satu hukum yang mau gw bahas di topik kali ini yaitu hukum sebab-akibat. Nih gw kasih contoh kalo lo tidur dan pada saat tidur elo posisi tidur elo salah atau biasa disebut salah bantal. Pasti pas bangun leher elo sakit susah di gerakin. Dan dalam hukum sebab akibat. leher elo sakit itu akibat posisi tidur elo yang salah. Nah itu contoh dasar dari hukum sebab-akibat. Dan percaya atau tidak sumber masalah dalan hidup elo itu bersumber dari sebab-akibat. Dan solusi dari masalah elo itu selesaikan dulu sebabnya. Pasti akibatnya akan beda. Sebabnya sembuh akibatnya juga akan sembuh. Nah gw mau bilang teman-teman 99% persen masalah dalam hidup elo itu berasal dari diri elo sendiri. Betul, masalah terbesar dalam hidup elo berasal dari diri sendiri. Elo ngambil keputusan dan elo tidak berusaha untuk memperbaikinya. Itu akar dari setiap permasalahan dalam hidup elo. Dan gw gak mau tau permasalahanmu apa tapi pikirin deh elo bosen gak sih berenang-renang dalam permasalahan yang tak kunjung usai. Selesaikan dulu sebabnya pasti akibatnya akan ikut berubah.
Jakarta, 22 Desember 2016 

00.41

Kata hati? kata pikiran?

Ini pos pertama gw jika ada kekurangan mohon dikoreksi. Pada pos pertama gw ini gw mau bahas soal masalah kehidupan(ceileehhh hhehehe). Kenapa elo bisa hidup di dunia ini? Apa sebenernya tujuan hidup elo? Saya nulis ini terinspirasi oleh diri saya sendiri. Dan yang di maksud elo disitu adalah diri gw sendiri. Apa sih sebenernya tujuan hidup gw? Sehingga terlintas dipikiran gw. Di otak gw. Ketika dalam menentukan pilihan gw harus milih A, B, atau C. Gimana gw dapat menentukan pilihan hidup gw?. Mari kita berdiskusi mengenai cara menentukan tujuan hidup. Kita saat ini sedang dilanda kesalahpahaman besar. Kesalahpahaman besr yang kita maksud disini adalah bahwa tujuan hidup itu terlalu jauh dari tujuan hidup sebenarnya. Kalo gw tanya apa sih tujuan hidup elo sebenarnya?. Kira-kira elo bakal jawab apa?. Pasti yang terlintas dipikuliran elo. gw pengen jadi orang kaya mas bro, gw pengen jadi sarjana mas bro, gw pengen bahagiain orang tua mas bro, gw pengen punya keturunan mas bro. Dan sebagainya. Dan sebagainya. Dan menurut gw tujuan hidup yang ada di pikiran kalian itu seratus persen SALAH.loh kok bisa salah mas bro. Lalu tujuan hidup yang benar itu apa mas bro?. Tujuan yang paling benar di dunia ini cuma satu yaitu mengikuti suara hati sampai elo mati. Sekali lagi tujuan yang paling benar di dunia ini cuma satu yaitu mengikuti suara hati sampai elo mati. Selesai. Lho kok sesimpel itu mas bro. Iya memang sesimpel itu. Sekarang coba pikirkan masalah yang pernah terjadi di kehidupan elo. Masalah apapun itu. Saya jamin masalah itu terjadi karena kamu melawan suara hati. Titik. Suara hati disini tidak terpaku pada satu hal. Suara hati disini terhadap berbagai hal. Suara hati terhapan memilih pekerjaan, suara hati terhadap memilih jodoh, suara hati terhadap memilih universitas,suara hati terhadap memilih prodi. Dan sebagainya. Dan sebagainya. Jadi jangan tuli/ menulikan diri terhadap suara hati. Karena tujuan hidup yang sebenarnya adalah mengikuti kata hati sampai mati.  Contohnya begini kamu dihadapkan dalam masalah karir misalnya elo diberikan pekerjaan A, atau B. Pasti temen-temen bingung memilih yang A bagus, yang B bagus, yang C juga bagus. Karena temen-temen melandaskan logika dalam memilih. Oo karena ini gajinya lebih gede gw pilih ini aja ni bro. Ini udah gajinya gede fasilitas dapet semua, keren deh. Padahal hatinya tidak pilih itu. Pasti setelah bekerja disitu hatinya teriak ini bukan tempat eloo. Keluar dari tempat ini. Karena hatinya kurang sreg dengan pekerjaan itu. Karena itu ikuti kata hati karena hati itu tidak pernah bohong dan tidak pernah salah. Yang bohong dan yang salah itu suara yang ada dalam kepala kamu yang ada dalam otak kamu. Suara yang sok pintar itu yaitu suara yang akan membawa kamu kedalam bencana. Tapi suara yang ada dalam hati kamu itu tidak akan pernah berbohong. Jujur teramat jujur tapi biasanya suara hati itu punya ciri khas. Ciri khas suara hati itu biasanya tidak masuk akal. Contohnya kaya tadi kita di beri dua pilihan yang satu gajinya gede, dapet fasilitas-fasilitas yang oke. Yang kedua gajinya kecil fasilitas juga sederhanya. Kalau menurut logika pasti memilih kantor pertaman dong gaji gede, fasilitas oke. Tapi suara hatimu bilang jangan pilih A dong di B aja. Ayo kita ke B. Suara hati itulah yang sebenarnya menuntun elo ke kebenaran yang belum tentu logis. Kebanyakan orang mengabaikan suara hati. Karena mengabaikan suara hati disitulah masalah-masalah bermula. Jadi mulai detik anda membaca tulisan ini teman-teman ikutilah suara hati elo. Sebenarnya semua orang memiliki suara hati tapi tingkat kepekaan terhadap suara hatinya yang beda-beda. Latihlah pendengaran untuk mendengar suara hati teman-teman. Mulailah dari hal-hal kecil terlebih dulu. Seperti saat elo hendak makan misalnya. Sekarang gw mau makan apa ya hati elo bilang makan mie instan aja, dengarkanlah. Ketika suara hati untuk hal-hal kecil elo dengarkan percaya deh pasti suara hati untuk hal-hal besar juga akan mudah elo dengar.